Kamis, 28 Januari 2010

Wordpress di Freehostia dan domain co.cc

Hari ini penulis akan membahas tatacara membuat Wordpress dengan Hosting Web Gratisan ( penulis menggunakan FREEHOSTIA ) dan menggunakan domain Co.CC
Berikut ini step by step nya :
Blog dengan ID 85476 Tidak ada
  1. Syarat pertama, anda harus blog di wordpress terlebih dahulu
  2. Registerkan nama blog yang anda inginkan di http://co.cc (misal radasinting.co.cc) lalu registrasikan nama tersebut dengan mengisi data dengan benar.
  3. Masuk ke freehostia paket free-chocolate
  4. Daftarkan diri anda, lalu pada Add A Domain Name To Host pilih Use My Exiting Domain, dan ketikkan alamat situs anda yang anda buat di Co.CC ( contoh http://radasinting.co.cc)
  5. isi data-data anda  dengan benar
Langkah pertama sudah beres, langkah selanjutnya adalah mensetting domain anda di Co.CC dan database WP di Freehostia. berikut langkah-langkahnya :
  1. Login Ke Co.CC, kemudian pilih Set Up pada nama blog/situs anda yang tadi anda buat.
  2. Setelah panel Setup nama blog/situs anda terbuka, pilih Option nomer 1 yaitu Name Server. Isikan dengan dns milik Freehostia, yaitu : dns1.freehostia.com (untuk name server 1) dan dns2.freehostia.com (untuk name server 2) kemudian klick SET UP
  3. Biasanya dibutuhkan waktu 48 jam untuk pergantian domain ini.
  4. Login ke Control Panel Freehostia
    kemudian pada toolbar freehostia, pilih web tools -> elefante free script
  5. Kemudian Klick Wordpress -> Install Wordpress 2.8.x
  6. Akan keluar form isian, biarkan step 1 (karena biasanya otomatis database  yang ada yang dipilih) kemudian pada step 2 isikan : Database Prefix = wp_ (jangan di ubah), pada domain pilih domain yang tadi anda daftarkan (misal radasinting.co.cc), Path hapus kata wordpressnya hingga tinggal / (garismiring doang). Admin User, isikan nama user login anda di Wordpress. Admin Password, isikan dengan password anda untuk login ke WP. Admin Email isikan dengan email anda di WP. Blog Title isikan dengan Judul Blog Anda.
  7. Selesai. Kini anda bisa mengotak atik WP anda, menambah Plugin, Widget baru, Theme baru dan sebagainya.

    2 komentar: